3 Hal yang Sains Banget di Tomorrowland yang Beneran Ada di Kehidupan Nyata


Udah pada nonton film live-action nya Disney yang baru? Itu loh yang judulnya Tommorowland. Pada udah kan? Gimana? Pada bingung kayak nonton Interstellar? Kan, kisah sainsnya ga berat-berat amat.

Buat yang belum nonton, nih Kanda Fajar kasi spoiler dikit. Tommorowland itu bercerita tentang cewek yang namanya Casey Newton. Cewek cantik ini hidup dimana dunia itu diramalkan bakal cepet kiamat. Yang memprediksi ini banyak, tapi ga ada langkah nyata yang bikin Si Newton ini kesel. Makanya dia terus di kasi pin sama robot dari masa depan. Sampe sini jangan bayangin robot nya kayak Doraemon, melainkan cewek imut berlogat British yang masih muda. Dia ini tugas nya merekrut anak-anak yang dianggap berpotensi untuk memperbaiki dunia. Akhirnya malah si Newton ini yang kepilih untuk ke Tommorowland, buat apa? Ya tentu buat menyelamatkan umat manusia dari kiamat yang bakal dateng 58 hari lagi.

Film ini emang banyak sains nya. Tapi ya ga serealistis Interstellar. Cenderung ke fiksi banget malah. Tapi jangan slaah. Biar kayak gitu, tetep aja ada hal-hal yang beneran kejadian di dunia nyata.

1. Partikel Yang Lebih Cepet dari Cahaya

Dengan alat ini kita bisa maju ke masa depan atau mundur ke masa lalu

Ini nih inti masalah di film Tomorrowland. Jadi ceritanya, Frank Walker (George Clooney) berhasil mengendalikan suatu partikel yang lebih cepet dari cahaya yang dikasi nama tachyon. Terus dia jadi bisa melihat kejadian-kejadian di masa depan dan masa lalu.

Tapi apakah hal yang kayak gitu beneran ada?

Awalnya Kanda Fajar juga agak-agak ga percaya gitu. Eh, pas searching, ga taunya referensi nya film ini emeng beneran ada, dalam wujud neutrino. Ditemukan oleh seorang fisikawan yang namanya Robert Ehrlich, partikel ini bermassa 0.33 electronvolts atau cuma 2/3 dari sepersejuta elektron.

Menurut hukum Relativitas Newton, dibutuhkan energy yang tidak terhingga untuk membuat suatu partikel bergerak secepat cahaya. Nah, dengan massa yang amat sangat kecil, jumlah energy yang diperlukan bisa sedikit berkurang. Terus dapet energinya darimana? Dari reaksi nuklir nucleus atom.

kira-kira gini nih bentukannya tachyon, yang (katanya) lebih cepet dari cahaya

Kalau kalian yang pernah belajar fisika pasti tau kalau reaksi dalam inti atom bisa menghasilkan energi yang amat sangat besar, kan? Nah gimana kalau manusia bisa mengatur hasil reaksi itu? Kayaknya apa yang dibikin sama om Frank Walker bakal beneran jadi nyata.

note: penjelasan lebih lanjut bisa dibaca disini

2. Dunia Paralel

Inget scene pas Frank Walker, Newton sama Athena naik roket dari menara Eiffel? Di situ kan ceritanya mereka pergi keluar angkasa terus malah balik lagi ke bumi. Tapi ke dimensi lain dari bumi. Soalnya pas sampe bumi nya beda sama bumi yang mereka biasa tinggali.

Tapi apakah hal yang kayak gitu beneran ada?

Cukup banyak ilmuwan yang percaya kalau di alam semesta yang ga tau ujungnya dimana ini, ada sebuah tiruan bumi  yang dari segi struktur alamnya sama persis sama bumi yang kita tau. Cuma yang menetap disana aja yang beda. Bisa jadi alien (mungkin) bisa jadi manusia juga dengan peradaban yang lebih modern atau malah kuno.

Nah dari situ muncul anggapan kalau kedua bumi (kalau emang beneran ada 2 ya) bisa saling mempengaruhi, terhubung oleh irisan kurva ruang dan waktu. Jadi intinya, kalau misalnya kita bisa ngelakuin time travelling, masa depan sama masa lalu yang berubah adalah masa lalu dan masa depan bumi di dimensi yang lain, bukan yang kita tinggali sekarang ini.

Dengan pin tommorowland si Newton bisa pergi ke bumi yang ada di dimensi lain

Tema ini kalau buat premis film-film sci-fi emang menjanjikan. The One, Terminator Series sampe Doraemon aja make tema ini.

note: penjelasan lebih lanjut bisa dibaca disini

3. Pertemanan Edison-Tesla

Rivalitas antar inventor hebat

Selama ini, kan kita taunya Edison itu berantem mulu sama Tesla. Eh, kamu ga tau?  Pasti kamu bukan anak IPA. Fyi aja nih, mereka berdua tuh berantem soalnya Edison ngotot kalau arus DC temuannya itu paling baik. Nah Tesla bilang kalau arus AC yang dia kembangin yang paling bagus. Jadilah epic battlefield antara 2 orang inventor terbaik di bumi.

Kalau di Tommorrowland, Edison sama Tesla itu berteman baik. Keduanya sempet bantuin Alexandre Gustave Eiffel buat merancang menara Eiffel yang ikonik itu. Bahkan tujuan mereka sebenarnya bukan buat menara, tapi antena pemancar. Pantesan aja, kan bentukannya menara Eiffel kayak gitu.

hasil kolaborasi Edison-Tesla paling keren (versi Tomorrowland)!!!

Tapi di kisah aslinya sendiri, Tesla itu emang berteman sama Edison. Tesla malah pernah magang gitu di lab Edison, sampe jadi murid kesayangan bahkan. Terus Tesla kemudian milih buat menyempurnakan penelitiannya soal arus listrik bolak-balik. Edison marah. Jadi rival deh mereka sampe meninggal.

Postingan ini emang ditujukan buat jadi part II nya topik sains selain postingan kemaren. Harapannya sih kalian yang baca bisa lebih suka sama hal-hal yang berbau pengetahuan dari hasil nonton film. Siapa tau aja ada dari kalian yang terinspirasi terus ikutan bikin penemuan-penemuan gitu.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s