Penjelasan Singkat dari Hal-Hal yang Sains Banget dari Film Interstellar


Perjalanan luar angkasa bisa dibilang adalah salah satu mimpi terbesar umat manusia. Sampe sekarang pun, manusia ngakunya baru bisa sampe bulan doang, belum bisa lebih jauh dari pada itu. Nah ekspedisi luar angkasa itu lah yang jadi premis cerita dari film Interstellar.

Oke, Kanda Fajar tau film itu tergolong film lama (baru tahun 2014 kemaren padahal). Tapi, ya Kanda Fajar baru nontonnya kemaren. Alasannya sih karena takutnya film ini pacing-nya bakalan lambat kayak Gravity. Kanda Fajar kan ga tahan nonton yang begituan, keburu tidur entar. Setelah diyakinkan sama rekomendasinya temen, akhirnya film ini ketonton juga. Padahal udah lama juga ini film mengendap di hardisk laptop.

Setelah nonton, Kanda Fajar jadi ngerti kenapa banyak temen Kanda Fajar yang nyaranin buat nonoton film sci-fi ini. Buat Kanda Fajar, Interstellar adalah karya terbaik dari Sutradara genius bernama Christhoper Nolan selain The Dark Knight Series.  Sangat Full of Science. Sayangnya dengan pengetahun yang pas-pasan ini, Kanda Fajar jadi merasa bodoh. Sering banget Kanda Fajar nge-pause filmnya buat mikir. Mending kalau nge-pause-nya bentar, nah ini malah sebentar-sebentar ngepause. Nah Kanda Fajar bikin posting ini supaya kamu-kamu semua belajar fisika dari film keren ini. Harapannya sih semoga ga ada lagi penonton-penonton yang mengalami apa yang Kanda Fajar alami.

Berkut ini scene-scene yang sains banget di film Interstellar. Kanda Fajar sarankan untuk minimal tau soal teori Relativitasnya Albert Einstein (umum dan khusus) terlebih dahulu sebelum melanjutkan.

-Kalau enggak sangat disarankan untuk melakukan googgling terlebih dahulu-

1. Teori Pergeseran Waktu

Sebenernya teori ini ga ada, cuma Kanda Fajar yang pengen nulis kayak gitu. Bias berasa pinter aja gitu. Tapi emang bener, di film ini ada scene dimana si Cooper sama Brand ditungguin sama Romilly selama 23 tahun. Padahal menurut mereka berdua, mereka baru ninggalin Planet Miller selama 3 jam kurang!! Aneh, kan ya?

Rommily ngakunya udah nunggu Brand sama Cooper selama 2o tahun lebih!!!

Secara teori, scene ini emang beneran bisa terjadi di dunia nyata. Hal ini berdasarkan teori bahwa segala sesuatu adalah relatif, termasuk waktu dan jarak. Oleh karena itu karena lintasan yang harus ditempuh cahaya bakalan bakalan beda-beda, sedangkan kecepatannya tetap, jadinya ya waktu juga harus ngikutin perubahan ini.

Jadi dalam kasusnya si Cooper dan Brand ini, mereka yang naik space shuttle dengan kecepatan tinggi (mungkin hampir sama dengan kecepatan cahaya), menempuh jarak yang amat sangat jauh dari Planet Miller, relatif terhadap pengamatan si Romilly. Ini artinya sama aja waktu yang dialami Cooper dan Brand berjalan lebih lambat dari Romilly.

2. Black Hole/Worm Hole

Ini lah akibat kenapa pesawat Cooper, Brand dan Romilly bisa pergi ke galaksi lain dalam waktu singkat. Jadi suatu planet yang jaraknya bisa ribuan tahun cahaya bisa ditempuha cuma dalam mungkin hitungan bulan.

Jangan pernah main-main deket Black Hole kalau ga mau kesedot (dan ga bisa keluar lagi)

Kalau boleh jujur, sebenarnya Black Hole sama Worm Hole itu mirip-mirip. Black Hole terjadi ketika bintang raksasa mati dan hancur terserap oleh medan gravitasi yang dibuatnya sendiri. Lama-lama Ukuran dari bintan mati ini akan mengecil hingga menjadi sangat padat dan kecil yang disebut dengan Singularity. Karena kepadatan ini, Massa Black Hole menjadi amat sangat besar. Massa ini kemudian membentuk lengkungan kecil namun sangat dalam dan mempunyai gaya gravitasi yang sangat besar. Bahkan konon, cahaya aja keserap sama dia.

Worm Hole memiliki singularity yang berputar. Beda sama Black Hole yang singularity-nya diem aja. Worm Hole bisa diibaratkan sebagai terowongan penghubung Black Hole dan White Hole (versi lain dari Black Hole yang ada ditempat lain entah dimana). Nah dari sini sudah jelas kan kenapa pesawat Cooper, Brand dan Romilly bisa sampai ke Planet Miller dan Dr. Mann.

3. Dimensi Kehidupan

Cooper terjebak dalam perpotongan dimensi (interpretasi Christopher Nolan)

Pernah denger istilah “ruang dan waktu”? Nah istilah ini merujuk pada 4 dimensi yang ada pada kehidupan dari seluruh manusia. Ruang itu, kan ada 3 dimensi: Kanan-Kiri, Depan-Belakang, dan Atas-Bawah.

Plis banget bedain sama istilah 2D dan 3D pada film.

Nah, ternyata perlu satu lagi dimensi kehidupan yang penting banget. Namanya waktu. Mungkin para ilmuwan kurang afdol aja menghadapi hidup tanpa mengenal waktu (kita juga sih sebenernya).

Udah ya segitu aja penjelasan buat yang nomor 3 ini. Sebenernya pas di film Interstellar, Dr. Brand nyingung-nyinggung soal makhluk 5 dimensi. Tapi Kanda Fajar ga tau yang satu itu apa.

4. Hibernasi Pada Manusia

Kalau di film kamu bakal ga mati-mati (dan tetep awet muda) kalau tidur di kotak ini

Dari semua yang dijelasin, poin ini nih yang belum bisa dibuktikan sampe sekarang. Kalau di Interstellar, kan ceritanya semua anggota kru pesawat harus melakukan tidur panjang (sampe 2 tahun bahkan) supaya bekal makanan dan oksigen mereka cukup selama perjalanan.

Sampai sekarang para ilmuwan masih belum bisa menemukan cara untuk itu. Contoh yang paling dekat adalah beruang kutub. Kabarnya hewan lucu ini bisa tidur selama 7 bulan non-stop. Proses metabolisme mereka diambil dari cadangan lemak yang ada di bawah kulitnya. Anehnya lagi, tidak ada tanda-tanda pengurangan fungsi dan massa otot yang dialami beruang kutub.

Untuk para astronot, memiliki kemampuan seperti beruang kutub ini sangat lah menguntungkan. Bayangkan mereka dapat tetap hidup tanpa makan, minum dan ekskresi dalam jangka waktu yang lama. Selain menghemat perbekalan, ini juga bisa menjadi salah satu cara ampuh dalam menghadapi kebosanan.

Oke deh. Cukup sekian postingan Kanda Fajar kali ini. Kalau boleh jujur, Kanda Fajar aja sampe pusing sendiri buat mahamin+bikin kata-kata yang mudah dicerna. Harapannya ya kayak yang diatas tadi itu, kalian yang baca postingan ini bisa lebih tau tentang hal-hal keren yang ada di luar bumi.

 

Iklan

One thought on “Penjelasan Singkat dari Hal-Hal yang Sains Banget dari Film Interstellar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s