Selamat Imlek 2015


Gong Xi Fat Chai Minnasan!!!!

Berhubung ini lagi Imlek-kan, Kanda Fajar mau kasi selamat buat orang-orang yang merayakannya. Sebenernya sih Kanda Fajar bingung mau posting apaan. Maunya sih playing with the momentum, ya tidak lain tidak bukan ya Imlek ini. Tapi topiknya bingung sumpah.

Mau kayak yang lain tentang ritual-ritual imlek gitu ga mungkin. Secara bukan orang cina. Mau bagi-bagi tips buat ngabisin waktu libur Imlek ga mungkin juga. Kanda Fajar aja malah ga jadi melancong gara-gara hujan. Pusing kepala ini jadinya.

By the way, kalian pada tau ga kalau kata “Cina” sekarang seharusnya udah ga boleh dipakai sembarangan lagi. Kalau yang Kanda Fajar baca di koran sih, kata-kata “Cina” itu kesannya ofensif. Kita seharusnya pakai kata “Tiongkok”, “Tionghoa” dan sebangsanya buat mengganti kata “Cina” tadi. Tapi, kayaknya ga anyak yang menggubris penggunaanya. Orang-orang Cina eh Tionghoa temenya Kanda Fajar juga fine-fine aja. Apa mungkin Kanda Fajar kurang peka? Entahlah.

Kita orang-orang Indonesia memang punya beragam suku, agama dan budaya. Tapi selama yang Kanda Fajar punya temen, kita baik-baik aja sama perbedaan itu. Jadi bingung juga kenapa dulu orang-orang Tionghoa(bukan “Cina” lagi sebutannya) dimusihin. Pas kisruh penggulingan Soeharto aja, buku sejarah bilang yang paling takut itu orang-orang beretnis Tionghoa. Emang apa salah mereka sih? Kalau cuma satu dua orang dari mereka emang salah, ga berarti satu etnis juga salah kan? Jujur sampe sekarang otak Kanda Fajar ga bisa ngerti apa penyebabnya.

Kalau kebanyakan dari orang Tionghoa itu orang berada, jangan salahin mereka. salahin lah diri kita sendiri. Bahkan dulu Kanda Fajar sama temen-temen punya anggapan kalau anak-anak peranakan Tionghoa itu pinter-pinter. Itu bukti kalau kita sendiri aja sudah minder sama mereka, padahal kesempatan kita sama kayak mereka.

Akhir kata ni ya, mau apapun suku, agama atau etnis kita, kesempatan kita sama. Bedanya di usaha aja. Kayak kutipan dari Jenderal Perang Tiongkok idola Kanda Fajar ini :

“Kenali musuhmu dan kenali dirimu, maka kau tidak akan kalah dalam seribu pertempuran”                                                                 

                                                                             Sun Tzu

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s