3 Pahlawan yang Beneran Ada


Kejahatan akan selalu kalah melawan kebaikan. Itu adalah premis yang sering banget dipake di film-film superhero. Liat aja Iron Man, Spiderman, dan man-man yang lain. Mu gimana pun kuatnya msusuhnya, diakhir cerita pasti mereka yang menang. Ini kan ga adil banget. Masak kebaikan mulu yang menang. Kali-kali kejahatan dong yang menang. Biar nge-twist gitu.

Maksud tulisan Kanda Fajar di atas bukannya buat ngedukung organisasi kejahatan. Ini semua dimaksdudkan supaya kamu sadar aja kalau di dunia nyata, kejahatan bakal lebih susah lagi buat dikalahin. (apaan sih????)

Tapi kalau ngelawan kejahatan kayak di film-film gitu kayaknya ribet deh. Masa ngalahinnya harus banget sambil bikin jalanan atau rumah hancur. Kan kasian penduduk sekitar. Coba aja kalau bisa ngalahin penjahat tanpa pake kekerasan. wah, hidup bakal menjadi lebih indah.

Sebenernya ada kok, orang-orang di dunia ini yang berhasil membela orang yang lemah tanpa kekerasan. Cara mereka adalah mengisnpirasi orang banyak untuk melakukan cinta kasih. Kreatif banget ya mereka. Ini dia nih contohnya:

1. Mahatma Gandhi

Mahatma Gandhi awalnya adalah seorang pengacara yang terkenal. Tapi hatinya terusik dengan nasib saudara-saudaranya di India sana. Dia pun pulang dan berpergian keliling India, mengetahui setiap denyut napas yang dihadapi rakyatnya.

Usahany tidak sia-sia. Pada tahun 1947, India merdeka dan tentara Inggris yang terkenal kuat dan disegani dunia, kala itu harus ditarik mundur dari India. Hebatnya lagi, Gandhi enggak pernah mengumumkan perang. Yap, Gandhi melakukan semua tindakan heroik itu “hanya” dengan CINTA KASIH, SIKAP YANG TULUS, dan RENDAH HATI. That’s it.

““Mereka yang berjiwa lemah tak akan mampu memberi seuntai maaf tulus. Pemaaf sejati hanya melekat bagi mereka yang berjiwa tangguh.“” (Mahatma Gandhi)

fix. merinding bacanya

2. Marthin Luther King. Jr

Isu rasialisme adalah isu yang sensitif di Amerika Serikat. Walaupun sering disebut negara yang bebas, ternyata dulu kehidupan di sana diskriminatif banget. Orang-orang negro ga boleh bergaul sama orang-orang kulit putih. Sampe-sampe, toiletnya aja dibedain. Keterlaluan bange, ya.

Nah, si Om Martin ini adalah salah satu orang yang menolak keras hal itu. Dia berpikir kalau semua manusia di muka bumi itu sama dan sederajat.

Om Marthin Luther King melawan diskriminasi itu dengan perdamaian. Dia ga pernah mengajak konfrontasi. Caranya adalah dengan MENYENTUH HATI sebanyak mungkin orang untuk menjunjung tinggi hak asasi manusia.

Om Martin ini jago banget kalau pidato. Inspiring banget. Dari hati sih soalnya. Salah satu pidatonya yang terkenal adalah yang berjudul I have a Dream. Isinya menggambarkan semua orang di dunia yang bergandengan tangan tanpa memnadang darimana mereka berasal.

“I have decided to stick with love. Hate is too great a burden to bear.” -Martin Luther King

fix. merinding lagi

3. Tugce Albayrak

Kamu mungkin ga kenal sama nama ini. Bagi kamu mungkin nama ini ga penting. Tapi, di Frankfurt, Jerman, nama ini sangatlah meaningful.

Alkisah, dua orang remaja putri diganggu sekelompok pria di toilet McDonald’s di kota Offenbach. Teriakan yang berasal dari dua remaja putri itu pun langsung membuat Tugce bergegas untuk segera menyelamatkan mereka.

Naas. Kepala Tugce Albayrak dipukul oleh seorang pria dari gerombolan tersebut. Seketika, dia ambruk dan koma. Dokter bilang bahwa Tugce tak akan pernah bisa sadarkan diri karena mengalami mati otak (brain dead).

Pemakamannya adalah duka dunia

Tindakan heroiknya menjadi inspirasi dunia. Pemakamannya bahkan dihadiri Presiden Jerman dan duta besar Turki. Keberaniannya untuk menyelamatkan dua remaja yang dilecehkan akan selalu dikenang.

“Ia akan selalu diingat atas keberaniannya yang luar biasa,” ungkap Seorang gadis yang bercucuran air mata.

Okey, guys gimana? Bagi kamu yang bilang biasa aja. Coba pikir, berapa kali kamu membantu orang lain? Maukah kamu melindungi orang lain tanpa pikir panjang? Ya, tidak semua orang mau melakukan itu.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s