3 Tipe Pengunjung Pameran


Kalau kamu jalan-jalan di sekitaran Jakarta Selatan, pastikan kamu mampir ke gedung S*E*CO. Disana lagi diadain pameran UKM gitu. Tujuannya sih katanya untuk ngenalin produk-produk kreatif buatan mahasiswa. So, buat kamu-kamu yang pengen banget jadi entrepreneur, wajib banget ikutan ini acara. Dijamin bagus dan ga bikin kamu kesel.

Tapi, ya namanya juga pameran. Kadang sepi, kadang lebih sepi. Pengennya dapet duit, taunya dapet produk sendiri (karena ada sisanya). Jadi takut buat ikutan lagi.

Kata orang, lokasi menentukan prestasi. Jadi misalnya kalau kamu dapet tempat yang strategis banget niscaya kamu bakal kewalahan nanganin pembeli. Tapi, ada satu hal penting yang level kepentingannya diatas lokasi. Itu adalah tipe pengunjung. Yap, TIPE PENGUNJUNG PAMERAN menentukan INCOME. Itu golden rulenya.

Oke tanpa basa-basi lagi, ini Kanda Fajar kasi tahu jenisnya:

1. Si Cuma Lewat

Bisa dibilang ini tipe yang paling umum. Coba kamu perhatiin pas lagi jaga booth. Berapa banyak orang yang lirik-lirik produk kamu dengan serius. Tapi, ya, hanya sekedar dipandang. Ga dibeli sama sekali.

Gini nih yang numapang liat doang 🙂

Ada lagi yang varian lain dari tipe ini. Lebih ngeselin pastinya. Yaitu si Cuma lewat-berhenti-lewat lagi. Ini kan PHP banget. Tipe ini biasanya orang yang lewat tapi tatapannya serius banget. Habis itu berhenti bentar, liat brosur atau pegang-pegang produk terus nyelonong pergi. Yang ngeselinnya lagi, dia itu pergi pas kita mau nawarin produk kita!! wuihhh….. Sakitnya tuh pake banget.

2. Si Banyak Tanya

Tipe ini mungkin kadar ngeselinnya ada dibawah tipe yang pertama. Kalau tipe yang pertama itu murni perbuatan, yang kedua ini adalah kombinasi dari perbuatan dan perkataan. Tipe ini juga awalnya lewat-lewat, berhenti bentar terus beli produknya. Lho, terus, apanya yang ngeselin?

Pasti bikin betah nanya lama-lama

Yang ngeselin itu pas belinya cuma satu terus tanya-tanya aneh gitu. Awalnya sih nyambung. Tapi, lama-lama jadi ga jelas gitu arah pertanyaannya. Kita kan jadinya ga bisa ngelayanin pengunjung lain? Makanya saran Kanda Fajar sih yang jaga booth itu tuh yang orangnya biasa-biasa aja. Ga usah yang kece-kece amat. Entar repot sendiri kalau banyak ditanyain yang ga nyambung.

3. Si Angel Visitor

Tipe ketiga ini nih yang the best banget. Tipe pengunjung yang paling dicari sekaligus paling jarang muncul dalam sejarah ke-pameran-an. Kalau kamu dapet pengunjung yang tipe-tipe begini, dijamin hidup yang jaga booth bakal dimudahkan dunia dan akhirat. lha wong bakal jarang marah-marah. Uang nambah, pahala nambah.

Kanda Fajar kasi sebutan angel karena tugasnya itu mulia: membantu yang punya produk untuk membuat produk selanjutnya. Si tipe ini biasanya lewat dengan langkah yang pelan supaya bisa lihat-lihat. Jalannya tenang dan memperhatikan sekeliling dengan saksama.

Kalaupun berhenti sebentar, bisa dipastikan itu karena si dia tertarik sama produk kita. Dia bakal tanya hal-hal penting secara kritis. Dalam situasi ini, kamu harus terlihat pintar, gimana pun caranya. Tunjukin keunggulan produk kamu dengan yakin dan percaya diri. Dengan begitu, niscaya dia bakal ngeborong produk kamu, datang lagi buat beli lebih banyak atau bakal jadi investor kamu. What a lucky it is!!

Well, itulah hasil pengamatan sotoy Kanda Fajar selama mengikuti pameran. Kalian boleh percaya, boleh percaya. But, the most important thing is please do not trust it 100%. Tapi, kalau kalian pada maksa, sih, Kanda Fajar ga bisa ngapa-ngapain lagi, ya.

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s