Mencari Kembalian Pakai Python3


Setelah lama bergulat dengan tema jomblo beserta pahit-manisnya, sekarang Kanda Fajar hadir dengan rubrik baru: Python 3 Programming!! Ya sebenernya ga baru-baru amat sih. Tapi ya sudahlah. Yang penting kan happy.

well, sebenernya Kanda Fajar juga ga jago-jago amat ngoding. Tapi, karena Kanda Fajar selalu ingat kata bu guru kalau berbagi itu indah. Jangan malu untuk berbagi, walaupun ilmumu cuma sedikit. Gimana, mulia ga tuh??

Disini kita akan fokus ke bagaimana memprogram dengan bahasa python versi 3. Disini, diasumsikan kalau kalian udah install python3 nya ya. Kalau pake Linux sih pasti selalu ada.

Nah, kalau di Windows, cari aja di www.python.org. Terus cari di menu Dowloads. Cari yang versi 3 keatasnya, biar samaan. Cieeee yang pengen sama….

Oke. Tanpa basa-basi lagi. Ini dia programmnya:

 

x = int(input('enter amount of money: '))
sisax = x%20000
lembarx = (x-sisax)/20000
print('20000 notes: ',lembarx)
sisay = sisax%10000
lembary = (sisax-sisay)/10000
print('10000 notes: ',lembary)
sisaz = sisay%5000
lembarz = (sisay-sisaz)/5000
print('5000 notes: ',lembarz)
sisae = sisaz%1000
lembare = (sisaz-sisae)/1000
print('1000 notes: ',lembare)

 

Kode diatas bakal bantu kamu pas ngasi kembalian ke orang. Cocok buat kamu-kamu yang jualan tapi ga mau ribet. Nama-nama variabel yang ada x, y sama z nya itu bisa kamu ganti kok. BEBAS.

Coba aja eksplorasi kreativitas kamu pas bikin program. Lumayan buat ngilangin galau. Biar jomblo tapi harus tetep produktif, dong.

Sekian tutorial singkat dari Kanda Fajar. Kalau masih bingung, komen aja di kolom komentar. Pasti bkal Kanda Fajar bantuin deh.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s