3 Kelebihan Introvert


Kalau di film My Name is Khan, orang baik dan orang jahat. Tapi, orang-orang itu paling sering dibedain dari karakteristiknya, Introvert atau Ekstrovert. Kebanyakan orang susah banget ngakuin kalau dia itu introvert, maunya ekstrovert. Ekstrovert itu kan kesannya, riang, cepet bergaul, punya banyak temen, jago ngomong lagi. Orang-orang introvert di luar sana pasti pengen jadi ekstrovert. Tapi itu ga berlaku buat ekstrovert yang pengen jadi introvert. Itu nyaris mustahil.

Padahal, kan dua-duanya sama-sama bagusnya. Kalau mau cari di google, jumlah introvert yang sukses dibandingin sama yang ekstrovert juga sama kok.

Malah mungkin lebih banyak. Barack Obama, Warren Buffet, sama Bill Gates fine-fine aja ngakuin kalau mereka itu introvert. So, kita ga perlu malu kalau kita ini introvert.

Ga perlu malu jadi introvert biar sukses

“Malu” sama “pendiam” mungkin sudah jadi padanan kata introvert. Susah banget ngilangin anggapan ini. Sudah mendarah daging soalnya. Tapi, jadi introvert itu masih ada untungnya, kok. Berdasarkan riset sotoy Kanda Fajar, Ini Nih, bukti kalau intovert itu cool abis:

1. Jadi lebih Profesional

Orang-orang introvert itu cenderung mendem perasaannya. Mereka ga mau orang lain tau masalah mereka. Mereka ga mau jadi pusat perhatian. Mereka mau terlihat sebagai manusia “normal” yang cenderung “datar”.

Orang mungkin ngeliat mereka sebagai orang yang ga asik. Tapi, faktanya mereka jadi bisa misahin mana perasaan mana logika. Mereka tetep bisa nyelesain tugas walaupun mereka lagi bad mood. Coba kalau orangnya ekstrovert, kalau sudah bad mood, bisa molor kerjaannya. Malah jadi sesi curhaat lagi.

2. Emosi stabil

Ini, sih masih berkaitan sama yang nomor satu. Orang-orang introvert itu rata-rata pintar banget jaga emosi. Dia paling ga pengen (atau mungkin ga bisa) orang lain tau emosinya. Mereka adalah orang yang paling tenang di situasi yang penuh kepanikan. Coba aja liat di kelas kamu kalau pagi-pagi. Kalau dianya tenang-tenang aja pas kamu lagi ribet nyari contekan, sudah pasti dia itu introvert.

3. Pengamat/Pendengar yang baik

Manusia-manusia introvert adalah ciptaan Tuhan yang paling kompleks. Mereka cenderung diam sama orang lain. Tapi, pas udah ketemu orang yang pas, wiiiiddddiiih………… Bisa berubah mereka. Mereka itu keliatannya aja cool dan diam. Padahal dibelakang mereka gokil abis.

Hal itu mungkin disebabkan sama sifat mereka yang menjauhi keramaian. Nah dalam kesunyian itu sebenarnya mereka lagi observasi. Mereka diam aja gitu liatin orang ekstrovert bergaul. Nah, pas si introvert diajakin ngobrol duluan, baru deh mereka menggunakan ilmu yang mereka dapet. Ga heran kalau banyak yang bilang kalau introvert itu gampang dijadiin sahabat.

Gimana?? Masih mau minder?? Tenang, Kanda Fajar juga introvert kok, jadi kamu ada temennya. Intinya, Kita harus mau menerima diri kita apa adanya. Jangan kebanyakan ngeluh. Jadi, Introvert itu keren, kok. Pantes banget kalau dijadiin pacar

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s