Ayo Belajar Programming!!!


Code is poetry. Ini adalah kalimat sakti kepunyaan wordpress tempat blog ini hosting. Dalem banget kan artinya? Buat anak-anak programmer, kode adalah sebuah kata-kata indah yang penuh makna. Dengan kode yang bener kamu bisa ngebuat komputer di depan kamu lebih dari sekedar konsol game.

Kebayang ga sih kalau di dunia ini ga ada yang namanya komputer? hidup pasti bakalan susah. Ga bisa update status, ga bisa mention-mentionan, ga bisa stalking mantan. Ahhhhhhh…… serba susah deh pokoknya. Nah, komputer itu kan mesin ya, jadi ga bisa main asal suruh aja. Kita musti kasih dia kode biar dia (gebetan komputer) bisa ngerti. Nah disini nih fungsinya bahasa pemrograman.

Jenis bahasa ini tuh unik. Cuma kamu sama komputer yang ngerti (kecuali kalau ada programmer lain). Apalagi di jaman sekarang yang serba digital. Banyak banget, loh anak-anak ABG diluar negeri sana yang jadi kaya banget cuma dari bikin aplikasi doang. Masa kamu di Indonesia cuma mau jadi user aja. It is not cool anymore, man.

Tapi emang sih untuk belajar pemrograman itu butuh banget latihan. Malahan kalau belajarnya otodidak bisa lebih keren outputnya. Berhubung kanda Fajar juga masih pemula sama kayak kamu, ini nih programming language yang highly recommended banget:

3. PHP

bukan ini bukan bikin kamu galau tapi ini adalah bahasa pemrograman populer buat web. PHP itu singkatan dari Hypertext Preprocessor, yang banyak dipake buat bikin situs-situs yang dinamis (sering update).  Semua website yang ada di dunia pasti pake ini. Mulai dari facebook, twitter pokoknya semua web pasti ada phpnya.

Bahasa ini juga tergolong ga susah untuk dipelajari. Untuk contoh kodenya di google ada banyak banget. Ruby

Ini juga salah satu bahasa yang ga susah amat buat dipelajari. Bahasa ini katanya gabungin semua kelebiha dari bahasa lain. Jadi kita cuma dapet bagusnya aja gitu. Kodenya juga katanya sederhana. Plus, banyak juga website-website keren yang pake ini bahasa.

1.Python3

Ini nih yang kanda Fajar rekomendasiin buat kamu-kamu sekalian yang masih newbie banget. Kodenya sederhana. Gratis. Komunitasnya aktif. Banyak yang pake. Katanya temen sih, bahasa ini tuh manusiawi banget, artinya ga pake kata-kata yang terlalu teknis.

Ini contoh kodenya:

angka = (input('masukin angka sembarang: '))
digit = len(angka)
if digit > 4:
print('angkanya ga bisa lebih dari 4 digit')
else:
print('angka ini punya',len(number),'digit')

Gimana? enak dibaca kan?

Coba aja deh cari di internet. contoh-contoh kode python yang versi 3, dijamin ketagihan deh. Kanda Fajar aja yang jurusannya management bisa. Masa kamu enggak?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s