Pelajaran bisnis 1: Ethic


ohhh…. lama banget ga posting. Maklum masih maba. jadi mulai sibuk sama perkuliahan. Baru masuk udah dikasi tugas aja. Tapi biasanya tugasnya masih enteng sih.

Karena kanda Fajar itu anak bisnis/management, kita bahas masalah bisnis/management juga yuk.

Sebenernya kanda Fajar dulu itu IPA, tapi karena kebiasaan baca koran sama majalah bisnis, jadinya keterusan ambil management. Satu hal yang menarik buat kanda Fajar itu adalah studi kasus. wuihhhh….itu seru banget kalau didebatin. Tapi memang kadang-kadang agak ngaco debatnya. Out of Topic.

Misalnya, tahu Enron. Kebanyakan pasti ga tahu, soalnya bidang kerjanya spesifik banget, perusahaan energi. Di Indonesia kan ga ada perusahaan model begini jadi jarang yang tahu.

Tapi, kasus Enron ini sampai sekarang pasti dijadiin rujukan buat jelasin business ethic. Soalnya scandalnya ngeri banget. Gini nih ceritanya (cerita berasal dari ingatan penulis yang ingatananya berasal dari baca majalah):

Enron itu salah satu perusahaan besar yang inovatif (soalnya pernah masuk forbes ato time gitu). Tapi, masalahnya para managernya berusaha memanipulasi laporan keuangannya (bahkan CEO nya aja ga dikasi tahu). Dari yang harusnya rugi, tapi dilaporkannya laba naik terus. Kejadiannya terjasi terus sampai sekitar 10 tahun. Akhirnya keuangan perususahaan ga bisa “bohong” lagi. Kerugiannya kebanyakan. Investor udah mulai curiga ada yang ga beres sma ini perusahaan. Sampe akhirnya publik udah ga  percaya lagi. Investor pergi. Partner Perusahaan pergi. Jadilah Enron bangkrut.

Dari sini bisa dilihat, etika itu penting. Sama pentingnya dengan kecerdasan. Dosen akuntansi kanda Fajar kemarin bllang gini “di dunia kerja itu, lebih banyak like and dislike nya. Subjektif. Makanya attitude kadang bisa mengalahkan achievement”.

Makanya kita yang mumpung masih maba ini harus pintar-pintar jaga sikap. Tapi belajar juga jangan ditinggal ya.

 

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s